Sunday, May 29, 2011

Tips dan Trik Rahasia Lulus Ujian Saringan Masuk (USM) STAN

Pada postingan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman kepada pembaca sekalian mengenai tips dan trik mengikuti USM STAN. Tujuannya semoga semua dari pembaca postingan kali ini dapat berkesempatan mengecap kuliah di bangku kampus plat merah, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).
STAN bagi sebagian anak muda di negeri ini merupakan impian besar.Betapa tidak udah kuliahnya gratis, buku-buku dipinjemin, dan setelah lulus dijamin jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Keuangan, di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), ataupun di Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).Memang sich PNS, tapi PNS keuangan boleh dikatakan sebagai PNS plus-plus. Karena memang dari segi gaji pokok sama dengan PNS lainnya, tetapi dari segi tunjangannya bisa berlipat-lipat dari PNS biasa. Ini memang kebijakan pemerintah untuk melakukan remunerasi bagi aparatur keuangan tujuannya agar mengurangi penyelewengan karena gaji pegawai keuangannya udah gede.Mungkin karena faktor-faktor itulah hampir setiap tahun berbondong-bondong anak negeri ini mendaftar untuk mengikuti USM STAN.Kalo tidak salah STAN pernah meraih rekor MURI sebagai lembaga pendidikan dengan jumlah pendaftar terbanyak lebih dari 120.000 pendaftar.Wuih keren ya.Kalo dirata-rata ya sekitar 100.000 lah pendaftar STAN sekarang dan jumlah yang diterima 2.000 mahasiswa. Atau kalau mo dipersenin sekitar 2% saja peluangnya alias 1:50. Artinya kalo mo masuk STAN harus bisa ngalahin 49 pendaftar lainnya, kasarnya seperti itu.

Terus ada isu yang berhembus juga kalo di STAN itu masih beda-bedain gender.Ya gak dapat dipungkiri juga.Satu kelas di STAN itu klo mo dirata-rata jumlah ceweknya sekitar 5 orang saja sisanya sekitar 30 adalah cowok semua.Itu kayaknya memang udah jadi kebijakan Kementerian Keuangan sendiri. Karena khan setelah lulus dari STAN, para pegawai ini akan ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia gak menutup kemungkinan juga wilayah pelosok jadi yang pas buat kerjaan ini ya cowok. Terus cewek khan biasanya ngikut suami dan ada siklus hamilnya, ujung-ujungnya cuti, tentunya itu kerugian tersendiri bagi Kementerian Keuangan.Itulah mungkin mengapa hampir setiap tahun yang diterima di STAN kebanyakan cowok.Perbandingannya mungkin 75% cowok, 25% cewek.Dan cewek yang keterima punya kriteria nilai yang tinggi dibanding yang cowok untuk lulus USM.Itulah mengapa setelah kuliah yang IP-nya tinggi-tinggi di STAN kebanyakan cewek.Tapi buat cewek-cewek tetep semangat aja.Tantangannya semakin besar.
Setelah kita melihat realita persaingan di atas, tentunya kita harus punya persiapan yang matang untuk mampu menjebol USM STAN. Anak STAN yang lulus STAN karena faktor keberuntungan alias coba-coba alias gak belajar sama sekali mungkin gak lebih dari 5%. Kebanyakan yang lulus STAN adalah orang-orang yang dari SMA udah ada niat buat masuk dan dengan niat itu dia berusaha mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Langsung saja tanpa basa-basi lagi saya akan men-share pengalaman saya di USM STAN. Tips dan trik untuk lulus USM STAN antara lain.
1. Tiga kata: Belajar, Belajar, dan Belajar
Kalo ada anak STAN yang bilang klo masuk STAN itu yang penting adalah faktor luck itu salah besar.Keberuntungan itu bisa dibuat.Yang terpenting belajar.Apa yang dipelajari? Soal-soal USM STAN sepuluh tahun terakhir, itu manjur. Karena biasanya soal-soalnya gak jauh beda dari tahun ke tahun. Beli buku kumpulan soal-soal USM STAN.Dan jangan tertipu, karena STAN tidak pernah menerbitkan buku kumpulan soal-soal USM STAN.Yang biasa menerbitkan itu biasanya ikatan mahasiswa daerah, koperasi mahasiswa STAN, dan lainnya.Yang jawab dan bahasnya pun biasanya anak-anak STAN jadi ada kemungkinan salahnya.So, harus punya banyak referensi buku kumpulan soal-soal USM STAN.
Setelah punya buku, bukunya harus dibaca donk klo mo lulus.Ya rutin aja kayak sehari bahas 10 soal gak usah banyak-banyak.Tapi harus rutin.Prinsipnya dikit-dikit lama-lama jadi bukit. Ketika lagi males belajar, bayangkan diri temen-temen pake jaket almamater STAN yang biru tua itu, dijamin semangat lagi belajarnya.
Atau temen-temen klo orangnya gak bisa ngendaliin diri alias udah terjangkit penyakit males yang kronis buat belajar soal-soal STAN, tidak ada salahnya temen-temen bergabung ke bimbingan belajar atau bimbingan tes yang memfokuskan diri pada USM STAN. Ya, harus merogeh kocek yang lebih dalam, tapi gak apa-apalah itung-itung investasi. Oh, iya sebagai informasi pihak STAN tidak pernah ya menggelar kursus atau bimbingan belajar buat STAN jadi jangan sampai tertipu. Yang biasanya menggelar kursus kayak begituan tuch biasanya alumni STAN atau yang lainnya. Pilih kursus atau bimbingan belajar STAN yang berkualitas jangan abal-abal, tahunya darimana?Ya, bisa nanya-nanyalah.Insya Allah bisa.Trus satu lagi, ikut kursus STAN tidak jadi jaminan untuk lulus STAN.Pengalaman pribadi saya mungkin cuman sekitar 10% saja dari yang ikut kursus yang lulus STAN, jadi intinya pelajaran di kursus harus diulang en dipelajari lagi di rumah biar maknyoss.
Ketika selesai mempersiapkan amunisi kita juga perlu mengetahui medan perang USM STAN. Waktu ngerjain soal dengan jumlah soalnya biasanya sangat mepet.Satu soal STAN mungkin menuntut kita untuk dikerjain sekitar 45 detik sampai dengan 60 detik alias 1 menit.Itu yang jadi masalahnya.Manajemen waktunya harus matang.Tapi insya Allah bisa, saya aja bisa hehe.Intinya dari awal ngerjain harus punya tekad buat ngerjain semua soal kalo toch gak sempet mendingan tembak lurus aja.Gak apa-apa minus yang penting kalo bener siapa tahu bisa menutupi minus nya.
Untuk mengetahui medan itu tiada salahnya kita ikut Try Out (TO) USM STAN. Gunanya ya bisa mendapatkan atmosfer yang miriplah dengan suasana USM STAN aslinya.Terus itung-itung bisa dapet soal-soal dan pembahasannya.Sekalian juga dapat snack en kenalan baru hehe.Biasanya biaya TO nya gak mahal-mahal banget koq paling banter 30 ribu.Itupun biasanya buat biaya administrasi doank.Pokoknya ikutin semua dach TO-TO STAN gak ada ruginya.Siapa tahu bisa dapet peringkat bagus pas TO en dapet hadiah-hadiah keren.Temen saya bahkan ada yang pernah dapet HP. Kalo saya pernah dapet hadiahnya itu kursus gratis di salah satu bimbel STAN.Lumayan khan?
Dalam mengerjakan soal USM STAN itu yang terpenting kita udah kenal dulu atau setidaknya kita udah pernah ngerjain tipe soalnya.Jadi pas ngerjainnya kita udah hapal jalan-jalannya, sehingga pas ujian gak makan waktu yang lama alias bisa di bawah 1 menit. Jika kita pas USM STAN menemui soal yang baru banget yang belum pernah kita temui sama sekali, mendingan diakhirkan saja supaya gak makan waktu yang banyak di awal. Inget prinsipnya; kerjain soal yang kamu anggap gampang dulu baru entar yang sulit nyusul.Klo saya pas USM STAN klo gak salah ngerjain soal Bahasa Inggris dulu soalnya takutnya keenakan ngerjain soal-soal TPA, soal Bahasa Inggris-nya kena nilai mati, so harus pinter-pinter-lah ngatur strateginya.

2. Persiapan Mental: Keyakinan Besar Lulus STAN
Apa yang kita yakini itulah yang akan terjadi. Karena Tuhan itu seperti prasangkaan hamba-Nya.Mo praktik?Coba temen-temen sekalian berpikir dengan keyakinan hati klo kepala temen-temen sekalian pusing, pening, mumet gak bisa mikir. Pikirkan itu, katakan itu dalam hati berulang-ulang, niscaya temen-temen akan bener-bener pusing. Ya itu klo orang psikologi nyebutnya kekuatan pikiran. Ya, karena apa yang kita pikirkan menentukan apa yang akan kita lakukan. So, intinya klo temen-temen mo membahagiakan orang tua temen-temen dengan masuk STAN harus yakin dulu dengan keyakinan yang sebesar-besarnya klo temen-temen itu bisa menjebol STAN.Saya aja bisa koq.Insya Allah klo kita udah belajar n persiapan yang mateng keyakinan itu akan membesar dan tumbuh sendiri.
Setelah yakin akan muncul rasa PeDe. Pede ini yang penting jangan minder dulu.Jangan goblok-goblokin diri dulu. Semua otak manusia itu strukturnya sama yang membedakan itu otaknya sering dipake atau nggak. Ya intinya rajin pangkal pandai-lah.Males pangkal bodoh. Nggak ada orang yang dari lahir langsung pinter, dia juga belajar juga. Sama, gak ada orang yang sejak bayi terlahir jadi orang yang bodoh, kemalasanlah yang membuat dia bodoh.
Pas datang ke tempat ujian en ngerjain ujian, ujian apapun, teriaklah dalam hati bahwa “Aku Bisa, Pasti Bisa!”, tapi dalem hati aja jangan keras-keras entar diusir oleh pengawas ujian lagi bisa panjang urusannya hehe.

3. Berdoa kepada Tuhan dan Minta Restu Orang Tua
Ini nih tips dan trik yang paling dahsyat alias yang paling manjur. Yakinlah sebelum kita dilahirkan ke bumi rezeki kita itu udah ada yang ngatur.Udah ada yang menuliskannya. So, klo kita ditakdirkan lulus STAN, Insya Allah lulus asal ada usahanya. So, jangan takut rezeki kita diambil orang.Yakin aja.
Ya analogi sederhananya gini klo kita udah deket sama orang pasti segala sesuatu permintaan kita bakal dikasih khan sama orang itu? Gitu juga sama Tuhan. Klo kita udah deket sama Allah, Allah pastilah ngasih apa yang kita pengenin. Percaya dech.Makanya mendekatin ujian banyak-banyak tobat, jauhi maksiat, banyakin ibadahnya.Oke.
Dan jangan lupa minta restu dan doa orang tua juga. Karena kedudukan orang tua kita di sisi Tuhan kita sangat tinggi. Jadi klo didoain sama orang yang punya kedudukan yang mulia di sisi Allah, insya Allah akan lebih manjur doanya.
Dan kembali luruskan niatnya masuk STAN itu tujuannya buat apa. Klo cuman buat bangga-bangga-an, Tuhan tahu loh. Insya Allah klo niatnya baik akan diluluskan oleh Allah. Niatkan lulus STAN untuk membahagiakan orang tua, mendapatkan kehidupan yang lebih baik, mengabdi kepada negara, dan meraih keridhaan Allah SWT. Masuk surga, bahagia dunia akhirat..hehe (maunya).
Mungkin itu saja sich yang dapet saya share mengenai tips dan trik lulus USM STAN. Semoga temen-temen dapat menemukan jalan terbaik dalam kehidupannya dengan lulus STAN.Amiiin.
Sampai ketemu di Kampus Ali Wardhana, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, kampusnya para akuntan, auditor, fiskus, appraiser terbaik di negeri ini.Tetep semangat sampai ketemu di postingan saya berikutnya. Yuk mari. Hehe.

8 comments:

  1. Mantabb mas. Tips sederhana namun luar biasa manfaatnya, semoga dengan ini para pelajar bisa lulus USM. :)

    ReplyDelete
  2. @Deny Arya Wiranata Amien... semoga yg bercita2 bisa lulus STAN

    ReplyDelete
  3. doakan aku ya... tahun ini mau nyoba kk :)

    ReplyDelete
  4. makasih ka tipsnya,, saya bakal usaha sekeras-kerasnya untuk menjebol kerasnya tembok USM STAN.. hehe, lebay ya'

    ReplyDelete
  5. Amin. Ucapan terima kasihnya diganti jempol aja ya di kotak FB kanan bawah supaya keliatan siapa2 aja yg suka :)

    ReplyDelete
  6. amin kk,trimaksh tips dan triknya,,doain ea kk mga thn ni q bs lolos USM Stan... Amiiin

    ReplyDelete
  7. aku bisaaaaaaaaaaaa !!!!!!!! #menjeritlantang

    ReplyDelete