Monday, January 17, 2011

Sepuluh Stadion Terbaik di Indonesia


Mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla pernah mempunyai usul untuk mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia alias World Cup pada tahun 2020. Usul itu ditanggapi dingin oleh FIFA dan akhirnya FIFA menunjuk Qatar sebagai tuan rumah event terakbar empat tahunan di tahun 2020 tersebut. Ketidakterpilihan Indonesia tersebut bukanlah karena kita tidak memiliki stadion berstandar internasional yang baik, tetapi lebih kepada prestasi timnas Indonesia yang kalah bersaing di level Asia Tenggara lebih-lebih di Asia bahkan di dunia. Hal ini dapat dibuktikan dengan lumayan banyaknya stadion Indonesia yang sudah berstandar internasional yang sudah ada maupun stadion standar internasional yang masih dalam proses pembangunan dan penyelesaian. Berikut ini sepuluh stadion terbaik di Indonesia yang sudah rampung maupun yang akan menjadi stadion bertaraf internasional.

1. Gelora Bung Karno

Kota: Jakarta, DKI Jakarta
Dibangun: 8 Februari 1960 (Renovasi 2007)
Kandang: Tim Nasional Indonesia dan Persija Jakarta
Kapasitas: 88.083 orang
Tipe Stadion: Stadion Sepakbola Lama
Kategori: A

Sejarah Singkat
Gelanggang Olahraga (Gelora) Bung Karno adalah sebuah komplek olahraga serbaguna di Senayan, Jakarta. Komplek olahraga ini dinamai untuk menghormati Soekarno, presiden pertama Indonesia, yang merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan komplek olahraga ini. Dalam rangka de-Soekarnoisasi pada masa Orde Baru, nama komplek olahraga ini diubah menjadi Istora Senayan. Setelah bergulirnya gelombang reformasi pada 1998, nama komplek olahraga ini dikembalikan kepada namanya semula melalui Surat Keputusan Presiden No.7 Tahun 2001.
Dengan kapasitas sekitar 100.000 orang, stadion yang mulai dibangun pada pertengahan tahun 1958 dan penyelesaian fase pertamanya pada kuartal ketiga 1962 ini, merupakan salah satu stadion yang terbesar di dunia. Pembangunan stadion ini didanai dengan kredit lunak dari Uni Soviet sebesar 12,5 juta dollar AS. GBK pada mulanya dibangun untuk menyelenggarakan Asian Games IV tahun 1962.
Pada saat Indonesia menjadi salah satu tuan rumah Piala Asia tahun 2007, stadion ini direnovasi dengan mengurangi kapasitas stadion menjadi 88.083 orang.

2. Gelora Sriwijaya Jakabaring
 
Kota: Palembang, Sumatera Selatan
Dibangun: Tahun 2001
Kandang: Sriwijaya FC
Kapasitas: 40.000 orang
Tipe Stadion: Stadion Sepakbola Lama
Kategori: A

Sejarah Singkat
Stadion Gelora Sriwijaya yang terletak di daerah Jakabaring, Palembang ini merupakan salah satu stadion terbesar di Indonesia. Dibangun dalam rangka persiapan Sumatera Selatan sebagai tuan rumah PON XVI tahun 2004 yang menunjukkan keseriusan daerah ini dalam menyambut dan menyukseskan event empat tahunan tersebut. Kini pasca-PON stadion ini digunakan klub juara Copa Indonesia dan juara Liga Indonesia tahun 2007, Sriwijaya FC, sebagai homebase klub tersebut.
Stadion ini juga pernah digunakan sebagai tuan rumah pertandingan kualifikasi dan perebutan tempat ke-3 Piala Asia 2007 mewakili stadion Indonesia selain Gelora Bung Karno.
 

3.    Stadion Palaran

Kota: Samarinda, Kalimantan Timur
Dibangun: Tahun 2005
Kandang: Persisam Putra Samarinda
Kapasitas: 50.000 orang
Tipe Stadion: Stadion Madya (Olimpic)
Kategori: A

Sejarah Singkat
Stadion ini diproyeksikan untuk menyelenggarakan PON XVII 2008 Kalimantan Timur. Stadion ini merupakan stadion pertama di Indonesia yang seluruh tempat duduknya memakai kursi penonton. Stadion ini merupakan salah satu stadion terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara.


4. Gelora Bung Tomo
 
Kota: Surabaya, Jawa Timur
Kapasitas: 50.000 orang
Tipe stadion: Stadion Sepakbola Lama
Kategori: A

Sejarah Singkat
Stadion Gelora Bung Tomo yang terletak di Surabaya Barat ini merupakan kandang dari Persebaya 1927 Surabaya yang sekarang merumput di Liga Primer Indonesia (LPI). Stadion ini diresmikan pada bulan Mei tahun 2010 yang lalu.


5.    Stadion Nasional

Kota: Pekanbaru, Riau
Dibangun: Tahun 2009
Kapasitas: 43.000 kursi.
Tipe Stadion: Stadion Madya (Olympic)
Kategori: A

Sejarah Singkat
Stadion Nasional mulai dibangun pada tahun 2009 untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional XVIII Riau 2012. Stadion ini merupakan stadion utama event tersebut. Dengan arsitektur modern stadion ini nantinya akan menjadi salah satu stadion terbaik di Indonesia.


6.    Stadion Dompak

Kota: Tanjung Pinang (Pulau Dompak),          Kepulauan Riau
Dibangun: Dalam tahap pembangunan
Kapasitas: 40.000 orang
Tipe Stadion: Stadion Sepakbola Lama
Kategori: A 

Sejarah Singkat
Stadion Utama Tanjung Pinang ini diperkirakan selesai tahun 2012 dan nantinya akan menjadi salah satu stadion bertaraf internasional di Indonesia.


8.    Stadion Gedebage

Kota: Bandung, Jawa Barat
Dibangun: Masih dalam tahap perencanaan
Kapasitas: 40.000 orang
Tipe Stadion: Stadion Sepakbola Lama
Kategori: A

Sejarah Singkat
Stadion Gedebage merupakan stadion masa depan Persib Bandung untuk menjalani partai kandang menggantikan Stadion Jalak Harupat. Stadion Gedebage kelak akan menjadi salah satu stadion terbaik di Indonesia.


9.    Stadion Perjiwa

Kota: Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Dibangun: Tahun 2007, masih dalam tahap penyelesaian
Kapasitas: 35.000 orang
Tipe stadion: Stadion Madya (Olimpic)
Kategori: A

Sejarah Singkat
Stadion Perjiwa jika sudah rampung seratus persen maka stadion ini dipastikan akan lebih megah dibanding Stadion Palaran ataupun GBK. Selain lapangan standar Eropa, stadion ini akan dilengkapi atap model knock down, yaitu atap yang bisa diatur membuka dan menutup secara digital.


10. Stadion Taman BMW

Kota: Jakarta, DKI Jakarta
Dibangun: Dalam tahap pembangunan, diperkirakan selesai tahun 2020
Kapasitas: 40.000 orang
Tipe Stadion: Stadion Sepakbola Modern
Kategori: A

Sejarah Singkat
Stadion Taman BMW (Bersih Manusia dan ber-Wibawa) merupakan kandang masa depan klub Persija Jakarta. Dapat dibayangkan apabila stadion ini selesai sesuai dengan perencanaan yang telah ada, stadion ini tidak akan kalah dengan Allianz Arena di Jerman maupun Emirates Stadium di Inggris.


Herankan? Jangan terlalu heran. Pembangunan infrastruktur di Indonesia cukup baik dalam periode-periode ini karena Indonesia adalah negara berkembang dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, sehingga pembangunan sarana dan prasarana olahraga terutama stadion sepakbola pun semakin menggeliat. Sekarang yang ditunggu adalah bagaimana Indonesia bisa memiliki timnas yang mampu bersaing di kancah dunia kalau ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia. Hal ini tentunya menjadi tanggung jawab PSSI dan tentunya tanggung jawab kita bersama sebagai masyarakat Indonesia.
(Sumber: kaskus.us)

24 comments:

  1. Tetap Gelora Jakabaring yang terbaik....Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm subjektif juga sich Anda nilai ^^

      Delete
  2. Wah manhtab stadion TAMANNYA BMW. Mudah2an koruptor pada tahun itu udah pada MUSNAH. HAHAHAHA... Goto helll koruptor kasihan negara aye bangkrut karena kalian Manusia Tidak Berguna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya klo pembangunan stadion dikorup kualitas stadion jg jd jelek. dikit2 renovasi dikit2 renovasi ckckck

      Delete
  3. nnti klo uda selesai stadion utama pekanbaru.. pasti stadion itu jadi yang terbagus di indonesia, liat saja nnti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya2 ditunggu aja nanti banggalah orang Riau hehe ^^

      Delete
  4. kok, modelnya sebagian msh saja pakai lintasan lari ya...udah g jaman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yah kayak di Inggris gak ada yg pake lintasan lari ^^

      Delete
    2. kalo diinggris itu stadion punya klub bos, BMW punya pemerintah, untuk adaan event2 olahraga bukan cuma main bola bossss....

      Delete
  5. jangan stadionya aja yang bagus, tapi klub klub diindonesia harus menunjukkan kualitasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dua-duanya lah yg harus disupport... ^^

      Delete
  6. gambarnya palsuu...
    menurutq terbaik ya tetap stadion palaran,gor haji imbut bagus d track larinya saja,senayan menang gede kursinya tradisional bgt pake kayu, jakabaring okelah, stadion yg buat pon riau jg oke..yg lain masih gambar dan perencanaan kpn selesainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan palsu bro, itu baru dalam bentuk maket arsiteknya ^^

      Delete
  7. sebaiknya stadion diseluruh indonesia dibuat dengan kualitas rumput yang baik dan tribun stadion yang bisa menampung lebih dari 100ribu penonton

    ReplyDelete
  8. Klo banyak2 bangku tapi gak ada yg nonton percuma cuy ngabisin biaya pemeliharaan aja...

    ReplyDelete
  9. stadion utama Riau sangat bagus..

    ReplyDelete
  10. Palaran, Aji Imbut dan Segiri tetap "NUMBER ONE" di Indonesia

    ReplyDelete
  11. .SOCCER. STADION INTERNASIONAL GELORA BUNG TOMO SURABAYA, TYPE A, KAPASITAS 60.000 PENONTON, STADION TERBESAR DAN TERMEGAH KEDUA DI INDONESIA SETELAH GELORA BUNG KARNO JAKARTA. (VERSI AFC - FIFA)

    ReplyDelete
  12. .INFO SOCCER. STADION INTERNASIONAL GELORA BUNG TOMO SURABAYA (TYPE A) BERKAPASITAS 60.000 PENONTON, STADION TERBESAR DAN TERMEGAH KEDUA DI INDONESIA SETELAH GELORA BUNG KARNO JAKARTA (VERSI AFC - FIFA).

    ReplyDelete
  13. knapa stadion2 baru ini masih menggunakan Lintasan Lari, mnurut sy krn di Indonesia Msh mengharapkan stadion yg multifungsi, beda dengan di eropa,,,,,lagi pula para penonton di indonesia banyak yg belum dewasa dan masih emosional,,,,bayangkan kalau di indonesia stadionnya seperti di inggris,,,,bisa mati semua pemain dan wasitnya oleh penonton,,,dan hampir di setiap pertandingan penonton masuk lapangan semua,,,dipagar aja masih manjat,,apalagi ga ada pagar,,hehe

    ReplyDelete
  14. Jakabaring is the best!

    ReplyDelete
  15. jangan lupa, di bangkalan, madura juga :D

    Mantab nih..
    Mari berbagi info ya, disini
    http://syahbanaakbar.blogspot.com/

    ReplyDelete