Saturday, January 22, 2011

Belajar Menjadi Pribadi yang Tenang

Ketika menonton film Yip Man saya mendapat suatu inspirasi yang mungkin dapat saya bagi ke teman-teman pembaca notes saya yang ke-18 ini. Film itu adalah film kungfu Cina yang mengangkat kisah nyata dari seorang guru Bruce Lee bernama Ye Wen. Ye Wen adalah seorang master kungfu yang beraliran Wing Chun alias yang terkenal dengan tinju seribunya. Yang menginspirasi saya adalah ketika melihat Ye Wen bertarung. Ketika dia bertarung, nyaris tanpa ekspresi sama sekali. Bahkan ketika berhadapan dengan lawan yang jumlahnya lebih dari sepuluh yang memegang senjata semua, dia tetap tenang dan dingin menghajar semua lawannya. Sementara saya perhatikan lawannya memukul dan mengeluarkan jurus sangat begitu emosional terlihat dari wajahnya. Mimik wajahnya menunjukkan ketergesah-gesahan. Tidak teliti. Beda sekali dengan Ye Wen yang cool, kalem, teliti, nyaris tanpa ekspresi dalam menghajar lawan-lawannya.
Mengapa kita tidak seperti Ye Wen yang tetap tenang menghadapi masalah, bahkan masalah yang mengancam nyawanya?
Bukankah ketergesah-gesahan itu datangnya dari setan?
Lain kali jika kita menghadapi masalah apapun, cobalah untuk mengambil nafas yang panjang dulu, tunjukkan ekspresi yang tenang dulu, berpikirlah yang masak, dan ambil keputusannya serta konsistenlah dalam keputusan itu.

Karena yakinlah kita akan tampak kelihatan lebih keren ketika ada masalah kita menghadapinya dengan mimik muka tanpa ekspresi yang menunjukkan ketenangan.

Ada pepatah yang mengatakan kegiatan yang dilakukan berulang-ulang akan menghasilkan kebiasaan dan kebiasaan akan menghasilkan karakter. Kalau kita ingin dikenal dengan orang yang memiliki ketenangan, yuk mari kita sering-sering latihan menunjukkan ketenangan itu dalam setiap masalah yang kita hadapi.

Selamat mencoba!

1 comment: